Manchester City Kalahkan Newcastle untuk Amankan Jarak 15 Poin dari Manchester United

DetikSport – Manchester City unggul 15 poin di puncak klasemen Premier League dan memperpanjang rentetan kemenangannya menjadi 18 pertandingan di Newcastle, Rabu. Gol di menit 31 dari Raheem Sterling adalah semua yang pemimpin klasemen harus tunjukkan dalam penampilan dominan di depan kerumunan 52.311 di St James ‘Park. Pendekatan ultra konservatif dari The Magpies membuat mereka frustrasi meski bermain possesion dari peluit awal.

Tapi akhirnya kemenangan 1-0 sudah cukup pada malam ketika anak asuh Rafael Benitez jatuh ke kekalahan beruntun kelima berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 1953. “Saya senang dengan clean sheet,” ujar manajer City Pep Guardiola. “Hari ini kita sudah memulai paruh kedua (setengah musim) – 18 laga tersisa. Kita akan lihat berapa banyak yang harus kita menangkan untuk menjadi pemenang.”

Mungkin lebih buruk bagi Newcastle yang memiliki wasit Andre Marriner melihat pandangan redup dari tantangan babak pertama Yakub Murphy atas Ilkay Gundogan. Dari insiden tersebut, Guardiola mengatakan: “Semua orang fokus pada diving tapi wasit harus mengikuti peraturan dan mencoba melihat para pemain, jadi mereka merasa aman.”

Planning permainan Newcastle diperkirakan sangat berhati-hati karena semua 11 orang tidak hanya berada di belakang bola, tapi dalam jarak 35 yard dari gawang mereka sendiri untuk sebagian besar babak pertama. Mereka menantang City untuk menghancurkan mereka, yang hampir mereka lakukan saat Sergio Aguero menikam umpan silang Fernandinho pada menit ketujuh yang menghantam tiang gawang.

Sebuah cedera awal untuk City kapten Vincent Kompany hanya diminta Pep Guardiola untuk menggantikan bek tengah dengan striker Gabriel Jesus. Untuk semua dominasi kepemilikan bola City, hampir tidak mampu meregangkan tuan rumah dengan pasti, meski kiper Rob Elliot harus mencengkeram sundulan Aguero di menit ke 17 dan kemudian melepaskan tendangannya untuk menghalangi usaha Jesus pada jarak dekat.

Kebuntuan itu pecah saat Sterling berlari dari umpan balik Kevin de Bruyne dan melemparkan bola melewati kiper dengan sepatu kirinya. Newcastle mungkin sudah kembali di dalamnya jika saja bek Nicolas Otamendi tidak menyapu keluar upaya Rolando Aaron yang gagal melewati garis 10 menit sebelum turun minum.

Tidak ada perubahan pola permainan setelah turun minum. City mendekat namun barisan hitam dan putih yang dikepung terus tampil solid. Upaya De Bruyne hanya mengenai tiang gawang dan bek Jamaal Lascelles hanya tipis dari dari gawangnya sendiri dengan Elliot terdampar saat City berusah untuk menutup kemenangan dengan nyaman.

“Itu adalah pertanyaan untuk bertahan dalam permainan sampai akhir,” kata Benitez, “dan saya sangat senang dengan tim dalam hal organisasi dan hasil kerja tapi kecewa karena kami bisa lebih baik dalam hal mengontrol bola di babak pertama, namun saya senang dengan reaksi kami di babak kedua. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *