Kesabaran Jadi Kunci Barcelona Boyong Coutinho keluar dari Liverpool

DetikSport – Philippe Coutinho menyelesaikan tranasfer rekornya ke Barcelona pada hari Senin dan berterima kasih kepada klub atas kesabarannya setelah kekecewaan atas kegagalan negosiasi dengan Liverpool tahun lalu. Liverpool menolak tawaran berulang pada Agustus namun akhirnya menyerah pada tuntutan Coutinho untuk pergi setelah menyegel kesepakatan transfer senilai 160 juta euro ($ 192 juta), membuat playmaker Brasil menjadi pemain yang paling mahal yang pernah ditandatangani Barcelona

Coutinho yang berusia 25 tahun absen dalam dua pertandingan Liverpool pekan lalu karena cedera yang terjadi bersamaan dengan transfer yang diselesaikan dengan cepat pada awal jendela transfer Januari. Coutinho tidak akan diizinkan bermain untuk Barcelona di fase knock out Liga Champions karena ia sudah tampil untuk Liverpool dalam kompetisi musim ini.

“Saya akan punya banyak waktu untuk membantu klub di masa depan,” katanya setelah menandatangani kontrak 5 1/2 tahun. “Terkadang anda tidak mendapatkan kesempatan lain seperti ini, bergabung dengan Barcelona, ​​jadi saya tidak berpikir dua kali.”

Tapi Liverpool bukanlah penjual yang gampang. “Mereka mengerti bahwa itu yang saya inginkan,” kata Coutinho. “Mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk menjagaku, tapi akhirnya mereka mengerti bahwa itu adalah mimpiku, dan impian keluargaku untuk datang ke sini.”

Coutinho sebelumnya pernah bermain di Spanyol bersama Espanyol setelah dipinjamkan dari klub Serie A Inter Milan, yang menandatanganinya sebagai remaja dari klub Brasil Vasco da Gama. Coutinho berharap bisa menjadi bagian dari tim Barcelona yang memimpin liga Spanyol dengan sembilan poin lebih awal. Liverpool menolak untuk melepaskannya pada bulan Agustus kecuali klub Spanyol tersebut membayar 200 juta euro.

“Itu tidak mudah, tapi keinginannya untuk datang dan kesabarannya adalah kunci,” ujar presiden klub Josep Bartomeu. “Kita perlu berterima kasih kepada Liverpool karena setuju untuk bernegosiasi, karena jika tidak, ini tidak akan mungkin terjadi.

Transfer Coutinho melampaui rekor klub sebelumnya yang ditetapkan oleh Dembele, yang biaya awalnya adalah 105 juta euro ($ 126 juta) yang pada akhirnya bisa mencapai 147 juta euro ($ 176 juta) tergantung pada keberhasilannya. Barcelona kini telah menginvestasikan kembali 222 juta euro yang mereka terima dari PSG untuk Neymar. “Dia adalah pemain hebat, tapi kami memiliki karakteristik yang berbeda,” komentar Coutinho atas rekan senegaranya, Neymar. “Saya di sini untuk mencoba mendapatkan ruang saya di tim.”